Masternet Hosting

Akses Cepat

Layanan Pelanggan ( GMT+7 )

  • ID: Senin – Sabtu.
  • 09.00 – 17.00.

 

  • VN: Saturday – Sunday.
  • 10.00 – 16.00.

 

Ulasan terbaru

 

Terms of Service and Acceptable Use Policies (Syarat dan Kebijakan) ini merupakan bagian penting dalam hubungan Anda sebagai Pelanggan dengan Masternet sebagai penyedia layanan. Dengan mendaftarkan akun Masternet, Anda telah membaca dan menyetujui seluruh Terms of Service and Acceptable Use Policies (Syarat dan Kebijakan) yang tertera di dokumen ini.

Pengguna layanan Masternet harus menerima Terms of Service and Acceptable Use Policies (Syarat dan Kebijakan) yang ditetapkan di bawah ini:

1.  Kami tidak memiliki representasi bahwa nama domain yang ingin Anda daftarkan dapat didaftarkan oleh Anda atau untuk Anda atau yang didaftarkan atas nama Anda. Anda seharusnya tidak mengasumsikan bahwa nama domain yang Anda minta telah terdaftar sampai Anda diberitahukan kemudian.

2. Pendaftaran dan penggunaan nama domain Anda tunduk pada Terms of Service and Acceptable Use Policies (Syarat dan Kebijakan) penggunaan yang diterapkan oleh otoritas penamaan yang berwenang; ICANN untuk .COM, .NET, .ORG. Anda tidak berhak mengajukan klaim kepada kami berkaitan dengan penolakan pendaftaran nama domain. Segala biaya administrasi yang Anda bayarkan untuk mendaftarkan nama yang Anda inginkan tidak dapat dikembalikan meskipun penolakan dilakukan oleh otoritas penamaan.

3. Kami tidak bertanggung jawab atas penggunaan setiap nama domain oleh Anda. Setiap perselisihan antara Anda dan orang lain harus diselesaikan di antara pihak-pihak yang berkepentingan dalam masalah tersebut. Jika timbul permasalahan seperti itu, kami berhak, atas pertimbangan dan tanpa memberikan alasan apapun, untuk menahan, menangguhkan, atau membatalkan nama domain. Kami juga berhak untuk membuat representasi kepada otoritas penamaan yang berwenang, tapi tidak akan diharuskan untuk ambil bagian dalam sengketa tersebut.

4. Kami tidak akan melepas suatu nama domain ke penyedia lain kecuali pembayaran penuh untuk nama domain tersebut tidak kami terima. Seluruh biaya yang dapat Anda bayar untuk layanan harus sesuai dengan skala biaya dan harga yang dipublikasikan dari waktu ke waktu pada situs kami, dan akan jatuh tempo dan dibayar di muka penyediaan layanan kami.

5. Tanpa mengesampingkan hak-hak kami yang lain apabila sejumlah tagihan (invoice) tidak dibayar penuh saat atau sebelum jatuh tempo, kami berhak segera menangguhkan layanan Anda dengan atau tanpa pemberitahuan.

6. Anda akan menjamin dan membuat kami tetap terjamin dan tidak membahayakan kami dari dan terhadap pelanggaran Anda pada syarat dan klaim apapun yang diajukan kepada kami oleh pihak ketiga sebagai akibat penyediaan layanan kepada Anda oleh kami dan penggunaan Anda terhadap layanan.

7. Jika Anda melanggar suatu Terms of Service and Acceptable Use Policies (Syarat dan Kebijakan) dan Anda tidak dapat memperbaikinya dalam 2 hari setelah pemberitahuan tertulis dari kami yang menetapkan pelanggaran, kami menghentikan akun Masternet Anda dan menangguhkan layanan Anda dengan atau tanpa pemberitahuan.

8. Jika Anda adalah sebuah perusahaan dan jatuh ke dalam kondisi likuidasi karena pailit, atau memperoleh penunjukan dari administrator, atau penerima administratif, atau memasuki kondisi rencana sukarela dengan para kreditur Anda, kami berhak untuk menghentikan akun Masternet Anda dan menangguhkan layanan Anda dengan atau tanpa pemberitahuan.

9. Pada penghentian akun Masternet atau penangguhan layanan, kami berhak segera memblokir situs web Anda dan menghapus semua data di dalamnya. Kami berhak menghapus keseluruhan data, tetapi kami dapat, berdasar kebijaksanaan kami, menyimpan data tersebut untuk periode waktu tertentu sesuai yang dapat kami putuskan, untuk memberi kesempatan Anda mengumpulkan kembali data-data tersebut dengan biaya Anda, tergantung dari pembayaran penuh jumlah yang dapat dibayarkan kepada kami.

10. Pelanggan berhak melakukan pembaruan profil data pada akun Masternet. Terdapat beberapa kolom identitas akun Masternet yang mewajibkan perubahan dilakukan oleh pihak Masternet.

11. Adapun perubahan tersebut dapat anda perbaharui kapanpun melalui akun anda di sistem Layanan Pelanggan Masternet atau melalui tiket bantuan, dan jika diperlukan kami berhak meminta anda melampirkan identitas sesuai dengan pemilik akun, dan surat pernyataan bermaterai bila diperlukan.

12. Identitas yang dapat dilampirkan atau dijadikan sebagai bukti kepemilikan akun adalah KTP, SIM, dan Passport yang masih berlaku.

13. Masternet menjamin keamanan dan kerahasiaan data identitas yang dimiliki oleh Pelanggan Masternet.

14. Layanan pelanggan hanya tersedia melalui ticket support, berlaku antrian. Permintaan isi ticket anda mungkin telah direspon di belakang layar namun belum selalu dapat dibalas berupa jawaban pada ticket anda dikarenakan kepadatan layanan kami, untuk itu selalu pantau kondisi layanan yang anda ajukan di dalan ticket tersebut, mungkin saja telah kami kerjakan sesuai permintaan anda.

Verifikasi perubahan data akun Pelanggan Masternet.

Masternet berhak melakukan verifikasi atas pengajuan perubahan data akun Pelanggan.

Verifikasi yang dilakukan meliputi:

  1. Validasi data identitas dengan detail akun Pelanggan Masternet.
  2. Menghubungi Pelanggan Masternet melalui email maupun video call.

Selain itu hal-hal terkait data pribadi pelanggan, pelanggan dapat melakukan pembaharuan data secara mandiri di dalam akun layanan pelanggan Masternet.

Tanggung Jawab

  1. Anda setuju bahwa penggunaan layanan adalah risiko Anda sendiri. Selain informasi, produk, atau layanan yang disediakan oleh Masternet, baik Masternet maupun afiliasinya tidak mengendalikan, tidak menyediakan, tidak menjalankan, atau dalam cara apapun tidak bertanggung jawab terhadap seluruh informasi, produk, atau layanan yang dapat diakses melalui layanan. Masternet tidak mendukung maupun bertanggung jawab pada akurasi konten dari pihak ketiga, dan Anda setuju bahwa Masternet tidak bertanggung jawab untuk segala kerugian atau kerusakan yang disebabkan karena penggunaan Anda atas kepercayaan terhadap konten tersebut. Anda memahami dan setuju bahwa Anda memiliki tanggung jawab terhadap posting informasi atau konten Anda ke situs atau newsgroup di internet, termasuk namun tidak terbatas pada posting ke situs web baik yang berada di sistem Masternet maupun tidak, posting ke newsgroup, dan partisipasi di sesi chat online manapun. Anda setuju untuk menanggung kerugian dan menjaga Masternet dan seluruh karyawannya, dan Pelanggan dan Pelanggan lain dari dan terhadap klaim, kerugian, biaya, tanggung jawab, kerusakan, atau biaya yang timbul dari posting Anda.
  2. Melanjutkan identifikasi spesifik pada konten yang diduga melanggar dan lokasi di Masternet tempat konten itu ditemukan. Setelah menerima pemberitahuan tertulis, Masternet secepatnya akan menghapus atau memblokir akses ke konten yang diduga melanggar itu, dan memberikan pemberitahuan kepada orang yang melakukan posting konten tersebut. Jika Masternet menerima pemberitahuan dari orang itu yang menunjukkan bahwa pengaduan pelanggaran terjadi karena kesalahan atau salah identifikasi, maka Masternet akan mengirim Anda salinan pemberitahuan tersebut. Kecuali Anda memberitahukan Masternet tindakan pengadilan yang sesuai untuk menahan tuduhan pelanggaran, maka konten tersebut akan dikembalikan atau dengan kebijakan, bisa diakses kembali.
  3. Anda setuju bahwa, jika Anda menggunakan layanan untuk mengirim atau menerima komunikasi suara, Masternet tidak bertindak sebagai perusahaan kurir telekomunikasi atau perusahaan telepon, sehingga tidak ada representasi yang dibuat Masternet mengenai kesesuaian layanan untuk penggunaan suara tersebut, dan bahwa semua risiko sambungan, kualitas transmisi, dan ketepatan komunikasi adalah semata-mata pada Anda, dan bahwa Masternet tidak bertanggung jawab untuk setiap bentuk kegagalan atau kurangnya kualitas penggunaan layanan tersebut.
  4. Anda setuju untuk bertanggung jawab terhadap segala kerusakan atau hilangnya layanan yang membahayakan Masternet sebagai akibat dari spamming atau pelanggaran lain. Kerusakan ini termasuk, namun tidak terbatas pada, sistem shutdown, serangan balasan atau pembanjiran data, dan hilangnya susunan peering. Anda setuju bawah Masternet dapat mengajukan klaim melawan Anda di pengadilan.
  5. Dalam pengelolaan hosting, Anda setuju untuk bertanggung jawab atas masing-masing aktivitas pengelolaan situs secara mandiri. Yang dimaksud aktivitas ini berkaitan dengan (6-8):
  6. Pemindahan data situs (file, database, email) dari satu hosting atau nama domain ke hosting atau nama domain yang lain.
  7. Perbaikan script situs yang terkendala (error) disebabkan oleh perubahan yang dilakukan pengguna hosting atau pihak ketiga yang ditunjuk pengguna hosting (developer).
  8. Menjaga situs untuk diperbarui secara berkala (up to date) dan melakukan pembersihan file situs dari malware atau virus secara pribadi apabila ada serangan malware yang dikarenakan situs tidak diperbarui (up to date).
  9. Anda mengizinkan Masternet untuk melakukan tindakan yang diperlukan pada setiap layanan milik Pelanggan yang menyebabkan terjadinya gangguan pada aktivitas operasional Masternet. Tindakan ini mencakup namun tidak terbatas pada membatasi akses IP dan/atau domain, menambahkan jaringan pencegahan DDoS, dan sebagainya.

Jaminan

Layanan dan software yang disediakan untuk Anda oleh Masternet berdasarkan asas “sebagaimana ada tersedia”. Masternet tidak menjamin bahwa layanan dan software tersebut bebas error dan/atau terganggu, atau kerusakan tersebut akan diperbaiki. Masternet tidak menjamin keamanan atau backup dari setiap data Anda yang mungkin tersimpan di dalam layanan.

Konten

Anda memahami dan setuju bahwa informasi dan akses yang tersedia melalui layanan dapat memuat konten kontroversial, muatan seksual eksplisit, atau konten lain yang mungkin bersifat ofensif bagi Anda atau pengguna yang menjadi tanggung jawab Anda. Masternet tidak bertanggung jawab atas pengaturan konten-konten tersebut, dan Anda harus bertanggung jawab untuk penggunaan software penyaring (screening software) yang tersedia atau metode lain untuk membatasi akses (khususnya akses anak di bawah umur) untuk konten yang mungkin Anda kurang menyetujui.

Kerahasiaan

Masternet tidak akan memberikan nama, alamat, nomor telepon, alamat email, atau informasi pribadi lain dari Pelanggan ke pihak ketiga manapun tanpa izin terlebih dahulu dari Pelanggan yang bersangkutan, atau sebagaimana diperlukan dalam pengadilan yang sesuai atau instruksi administratif (termasuk penyelidikan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia), panggilan sidang resmi, atau sebagaimana yang diperlukan untuk mengajukan layanan.

Domain
Pendaftaran Domain

Pendaftaran nama domain bersifat First Come & First Served, Pelanggan tidak dapat menyalahkan Masternet apabila nama domain yang hendak didaftarkan lebih dahulu telah didaftarkan orang lain.

Penerbitan tagihan (invoice) tidak berarti Pelanggan telah memiliki nama domain tersebut. Adanya pengecualian terhadap nama domain premium yang ada kemungkinan gagal didaftarkan walaupun sudah melakukan pembayaran.

Pendaftaran nama domain dianggap berhasil apabila Pelanggan telah membayar sesuai dengan total nominal pada tagihan (invoice) dan status tagihan (invoice) lunas (paid).

Pelanggan dapat memilih siklus pendaftaran nama domain mulai dari 1 tahun s.d. 4 tahun.

Masternet berhak melakukan suspend untuk nama domain yang melanggar hak cipta dan atau merujuk pada kegiatan pornografi, phishing, spam, scam, dan sejenisnya.

Nama domain yang telah dibeli dan dibayarkan oleh Pelanggan tidak dapat digantikan dengan nama domain lainnya. Apabila Pelanggan hendak mengganti nama domain, maka Pelanggan diharuskan melakukan pembelian nama domain baru.

Kami tidak bertanggung jawab atas keterlambatan Pelanggan yang melakukan pembayaran tagihan (invoice) untuk pendaftaran nama domain sehingga nama domain telah dibeli oleh pihak lain.

Pelanggan wajib menaati peraturan yang telah ditentukan oleh Registrar Domain yang bersangkutan. Dalam hal ini terkait dengan penggunaan nama domain, informasi WHOIS, dan sebagainya.

Pelanggan dilarang melakukan penyalahgunaan Contact Domain (Owner atau Registrant, Administrative, Billing) dengan menggunakan nama dan identitas orang lain tanpa izin pihak yang bersangkutan.

Apabila nama domain yang ingin didaftarkan Pelanggan merupakan nama domain premium, maka Masternet berhak membatalkan pemesanan nama domain tersebut dan menginformasikan harga nama domain sebenarnya ke Pelanggan.

Masternet tidak bertanggung jawab terhadap nama domain yang terdaftar dan termasuk dalam daftar TrustPositif+ Kominfo.

Masternet menerapkan fitur Auto Activation, yaitu aktivasi otomatis sementara untuk registrasi domain Indonesia yang membutuhkan persyaratan, seperti .co.id, .or.id, .ac.id, .sch.id, .ponpes.id, dan .web.id.

Domain Indonesia yang membutuhkan persyaratan tersebut akan otomatis diaktifkan sementara saat Pelanggan melunasi tagihan.

Alur fitur Auto Activation:

  1. Hari ke-1 domain aktif sementara dan Pelanggan mendapat email untuk permintaan mengunggah dokumen persyaratan.
  2. Hari ke-1 s.d. hari ke-3 Pelanggan dapat mengunggah dokumen persyaratan.
  3. Hari ke-4 apabila Pelanggan belum mengunggah dokumen persyaratan atau dokumen persyaratan yang diunggah ditolak, Pelanggan mendapat email untuk permintaan mengunggah dokumen persyaratan dan peringatan suspend.
  4. Hari ke-5 domain dinonaktifkan (suspend).
  5. Hari ke-14 dan hari ke-21 Pelanggan kembali mendapat email untuk permintaan mengunggah dokumen persyaratan.
  6. Hari ke-30 domain dihapus dan pengembalian dana tidak berlaku apabila apabila Pelanggan tidak mengunggah dokumen persyaratan atau dokumen persyaratan yang diunggah ditolak.

Persyaratan registrasi nama domain Indonesia dan contoh dokumen persyaratan dapat dilihat pada halaman Persyaratan Pendaftaran Nama Domain Indonesia.

Perpanjangan Domain

  1. Masternet tidak bertanggung jawab terkait kehilangan kepemilikan domain yang dikarenakan kelalaian Pelanggan yang tidak melakukan perpanjangan domain dalam tenggang waktu yang telah diberikan.
  2. Siklus perpanjangan nama domain hanya tersedia dari 1 tahun s.d. 4 tahun.
  3. Domain akan masuk dalam periode Grace (Expired) selama 30 hari, dimana harga perpanjangan adalah harga perpanjangan invoices Masternet.
  4. Setelah melewati periode Grace (Expired), domain akan masuk ke periode Expired yang juga disebut Redemption Period selama 30 hari, apabila Pelanggan tetap ingin melakukan perpanjangan, maka akan dikenakan biaya redemption ditambah dengan harga perpanjangan domain.
  5. Selama masa Redemption Period pihak Registrar berhak untuk melelang, menjual atau memindahtangankan domain ke pihak ketiga, dimana Masternet tidak dapat melakukan pencegahan maupun pengembalian domain yang telah diambil oleh pihak ketiga selama masa Redemption Period.
  6. Domain yang telah melewati masa Redemption Period tidak dapat lagi diperpanjang oleh Masternet, apabila Pelanggan tetap ingin mendaftarkan kembali nama domain tersebut, silakan tunggu hingga domain kembali tersedia. Masternet tidak bertanggung jawab dan tidak dapat membantu memantau kapan domain akan kembali tersedia dan jaminan untuk dapat menggunakan kembali domain tersebut.
  7. Apabila terjadi kegagalan sistem sehingga domain gagal diperpanjang, dan Pelanggan tidak menghubungi pihak Masternet, maka kami tidak bertanggung jawab apabila domain tersebut diambil alih oleh pihak ketiga.
  8. Pelanggan tidak diperkenankan menggunakan email Masternet sebagai Contact Domain (Owner atau Registrant, Administrative, Billing) dikarenakan informasi penting terkait domain akan dikirimkan ke email yang tercantum pada Contact Domain atau WHOIS.
  9. Domain yang di daftarkan di Masternet, akan diberikan proteksi whois secara cuma-cuma untuk melindungi data pribadi domain owner di internet.
  10. Tidak setiap domain akan memiliki panel manajemen untuk pelanggan, untuk itu jika anda membutuhkan perubahan data tertentu pada domain anda silahkan mengirimkan ticket.

Transfer Domain

  1. Transfer domain dapat dilakukan Pelanggan dengan meminta kode EPP domain melalui ticket support.
  2. Proses transfer domain tanpa melalui Masternet akan dilakukan setelah pihak Masternet menghubungi pemilik domain dan mendapatkan persetujuan untuk proses transfer domain.
  3. Masternet tidak bertanggung jawab atas proses transfer domain yang disebabkan oleh kesalahan atau kelalaian Pelanggan.
  4. Domain yang terindikasi dan/atau terbukti melakukan pelanggaran ToS tidak diperbolehkan melakukan transfer domain ke luar layanan Masternet.

Hosting
Pembayaran & Keterlambatan

  1. Keterlambatan dalam melakukan pembayaran yang melebihi batas waktu terakhir pada faktur / invoice hosting akan kami suspend / terminate tepat pada pukul 00.00 WIB di hari terakhir masa berlaku kontrak layanan hosting tersebut, kecuali sebelumnya ada pemberitahuan dari pelanggan mengenai invoice dimaksud untuk meminta penyesuaian ulang.
  2. Suspend berlaku jika pelanggan telah mengirimkan konfirmasi jauh hari kepada kami yang menginformasikan bahwa layanan akan terlambat dibayar, kami akan memberikan jeda tempo maksimal 1 hari setelah masa layanan berakhir.
  3. Terminate account hosting berlaku apabila pelanggan telah mengirimkan pemberitahuan jauh hari kepada kami bahwa layanan hosting miliknya tidak akan diperpanjang dan sesuai dengan pemberitahuan final pada invoice yang dikirimkan terkait layanan dimaksud, maka dengan itu dapat dinyatakan pelanggan memahai konsekuwnsi dan tenggat waktu masa akhir layanan dimaksud, Masternet tidak akan mengirimkan informasi pemberitahuan jika pelanggan telah melakukan konfrmasi untuk tidak melanjutkan layanan hosting dimaksud, dengan hal tersebut dapat diterima bahwa pelanggan paham dan mengerti apa yang harus dilakukannya pada akun hosting miliknya sebelum periode berakhir.
  4. Masternet akan mengirimkan pemberitahuan pada pelanggan yang telah mengirimkan konfirmasi tidak memperpanjang layanan hosting miliknya, di hari terakhir layanan akan berakhir.
  5. Setiap aktivitas hosting merupakan tanggungjawab pelanggan sendiri, untuk itu pelanggan diwajibkan memahami mengenai hosting, batasannya, masa pakainya dan mengamankan backup miliknya secara mandiri!
  6. Pelanggan harus memahami benar apa itu shared hosting dan vps, shared hosting bukanlah aset milik pelanggan dan sepenuhnya berada di kendali pemilik layanan, vps sepenuhnya digunakan dan dikuasai oleh pelanggan dalam kontrak dan perlakuan kedua jenis server ini jelas berbeda. Pahami hak anda dahulu sebelum meminta bantuan terkait teknis server kepada kami.

Domain Gratis

  1. Domain gratis berlaku apabila disertai dengan pembelian hosting baru. Tidak berlaku untuk pemesanan transfer (migrasi) hosting dari penyedia lain ke Masternet.
  2. Klaim domain gratis disertai dengan pembelian hosting harus dilakukan saat awal pemesanan.
  3. Berlaku untuk hosting dengan jangka waktu minimum 12 bulan.

Penggunaan Sumber Daya

Pengguna tidak diperkenankan:

  1. Menggunakan layanan untuk kegiatan phishing, scam, fraud atau sejenisnya.
  2. Menggunakan sumber daya berlebihan pada server hosting Masternet untuk kebutuhan request real-time, perdetik, penggunaan IoT atau sejenisnya.
  3. Menggunakan layanan untuk menyebarkan berita yang tidak benar (berita bohong).
  4. Menggunakan 10% atau lebih dari sistem selama lebih dari 60 detik. Terdapat banyak aktivitas yang dapat menyebabkan berbagai permasalahan, termasuk: script CGI, FTP, PHP, HTTP, atau lain sebagainya.
  5. Menjalankan cron entries dengan interval kurang dari 5 menit.
  6. Menjalankan aplikasi chat real-time interaktif apa saja yang memerlukan sumber daya server. Layanan host jarak jauh (remote-host) diperbolehkan.
  7. Menggunakan layanan untuk aplikasi Computer Based Test (CBT) atau ujian berbasis online, seperti Moodle, Candy CBT, Sakai atau aplikasi sejenis lainnya. Aplikasi Computer Based Test (CBT) atau ujian berbasis online hanya diperbolehkan pada layanan Web Hosting e-Learning.
  8. Menggunakan layanan untuk web SMM (Sosial Media Marketing), PPOB (Payment Point Online Banking), dan penggunaan aplikasi sejenis yang menggunakan cron dalam jumlah banyak. Aplikasi semacam ini hanya diperbolehkan pada layanan server khusus.
  9. Menggunakan hosting untuk kegiatan jual beli email pada layanan streaming seperti Netflix, Spotify, HBO, YouTube Premium atau sejenisnya. Kegiatan ini mengakibatkan proses bulk (spamming) email dan akan mempengaruhi load dan reputasi IP server kami.
  10. Menjalankan proses di sisi server stand-alone tanpa pengawasan pada setiap waktu. Hal ini termasuk daemon apa saja, seperti IRCD.
  11. Menjalankan software apapun yang berantar muka dengan jaringan IRC (Internet Relay Chat).
  12. Menjalankan aplikasi bit torrent, tracker, atau client.
  13. Ikut serta dalam kegiatan file sharing atau peer to peer.
  14. Menjalankan server game seperti Counter Strike, Half-life, Battlefield 1492, Minecraft dan lain sebagainya.
  15. Menggunakan layanan untuk aplikasi cheat, melakukan mining cryptocurrency, dan sejenisnya.
  16. Menggunakan email pada web hosting untuk mengirimkan email lebih dari 100 email/jam/domain.

Serangan DDoS

  1. Masternet berhak melakukan migrasi ke server lain yang sudah terpasang Anti-DDoS pada domain yang memiliki riwayat pernah terkena DDoS untuk menjaga server tetap stabil. Dengan terbatasnya jumlah server yang terpasang Anti-DDoS, tidak menutup kemungkinan, migrasi dilakukan ke lokasi Data Center yang berbeda negara.

Transfer (Migrasi) Hosting

  1. Transfer (migrasi) hosting hanya dapat dilakukan apabila hosting berasal dari penyedia lain yang menggunakan cPanel.
  2. Masternet memberikan bantuan transfer/migrasi data hosting secara dari layanan yang berasal dari penyedia lain dengan total pemindahan data secara cuma-cuma sebesar maksimal 10GB. Lebih dari kapasitas tersebut maka kami berhak menagihkan layanan migrasi berbayar.
  3. Masternet tidak memberikan bantuan migrasi atau pemindahan file, folder, atau database pada sesama layanan hosting Masternet kecuali dilakukan dengan Full Backup cPanel.
  4. Apabila Anda ingin memindahkan layanan hosting Anda dari Masternet ke penyedia layanan lain, Anda wajib melakukan pemindahan data secara mandiri.

Upgrade Hosting

  1. Anda dapat melakukan upgrade layanan Hosting kapanpun selama layanan Hosting yang Anda gunakan masih aktif.

Downgrade Hosting

  1. Anda dapat melakukan downgrade layanan Hosting kapanpun selama layanan Hosting yang Anda gunakan masih aktif.

Tambah Bandwidth

  1. Masternet memberikan layanan tambah bandwith per akun hosting dengan penambahan maksimal 100GB per akun.

Email
Pembatasan

  1. Pembatasan pengiriman dan penerimaan email pada layanan Masternet bertujuan untuk menjaga server dan sistem tetap stabil. Sehingga seluruh layanan milik Pelanggan dapat berjalan dengan baik.
  2. Pembatasan pengiriman dan penerimaan email pada layanan Masternet dapat berubah tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya.
  3. Pembatasan pengiriman email berlaku setiap 1 (satu) jam dan akan di-reset secara otomatis pada jam berikutnya. Pembatasan pengiriman dan penerimaan email berlaku untuk 1 (satu) pengguna (user), dengan detail batas maksimal pengiriman email : 100  email per jam per user
  4. Apabila Pelanggan melebihi batas maksimal pengiriman atau penerimaan email, secara otomatis Pelanggan akan mendapatkan notifikasi suspend melalui tiket bantuan (email). Silakan menghubungi kami. Kami akan melakukan review terhadap layanan email milik Anda.

Layanan email di hosting Masternet tidak dapat digunakan untuk pengiriman spam email maupun email marketing.

 

Penggunaan Sumber Daya

Pengguna tidak diperkenankan:

  1. Menggunakan layanan untuk kegiatan phishing, scam, fraud atau sejenisnya.
  2. Menggunakan layanan untuk menyebarkan berita yang tidak benar (berita bohong).
  3. Menjalankan aplikasi bit torrent, tracker, atau client.
  4. Menjalankan server game seperti Counter Strike, Half-life, Battlefield 1492, Minecraft dan lain sebagainya.
  5. Menggunakan layanan untuk aplikasi cheat, mining cryptocurrency, atau sejenisnya.
  6. Menjalankan server sebagai media streaming.
  7. Menggunakan layanan sebagai Tunnel, Router, atau VPN yang menggunakan sumber daya jaringan secara berlebihan. Adanya indikasi aktivitas tersebut Cloud VPS akan dibatasi hingga 10Mbps.
  8. Melakukan request IP tertentu pada layanan cloud VPS, baik untuk layanan baru maupun yang sudah aktif, dikarenakan alokasi IP pada layanan cloud VPS diatur oleh sistem sesuai ketersediaan pada pool IP Masternet.

Sertifikat SSL

  1. Setiap akun hosting Masternet terhitung mulai periode tahun 2023 diberikan fasilitas sertifikat SSL gratis dan dapat digunakan pada domain utama dan subdomain akun hosting anda.
  2. Jika anda memerlukan sertifikat ssl khusus (berbayar) jenis tertentu anda dapat menghubungi Masternet untuk melakukan pemesanan khusus untuk itu, tersedia berbasis ip dan domain.

Penyimpanan, Keamanan Data, & Backup

Pelanggan bertanggung jawab sepenuhnya untuk melakukan tindakan untuk:

  1. Mencegah kehilangan, kerusakan data dan konten pada situs Anda.
  2. Membuat salinan, arsip, dan backup pribadi untuk data dan konten situs Anda.
  3. Memastikan kerahasiaan dan keamanan semua data dan konten situs Anda.
  4. Pelanggan dapat membuat backup akun secara mandiri melalui kontrol panel hosting, namun backup ini akan menggunakan media penyimpanan akun hosting Pelanggan. Agar tidak memenuhi penyimpanan, silakan download arsip ke sumber lokal dan hapus dari akun Pelanggan.
  5. Web Hosting, Email Hosting (Mail Channel), Hosting Web App, bukanlah layanan backup dan kami tidak memiliki kewajiban kepada Anda atas kehilangan, kerusakan data dan konten pada situs Anda yang diakibatkan oleh hal apapun termasuk force majeure, system failure, hardware failure, deface, hacking, dan sebagainya.
  6. Masternet memiliki tampungan data backup pada setiap akun hosting pelanggan dengan menggunakan fitur Acronis. Backup ini untuk digunakan sendiri dalam keadaan kegagalan server. Ini tidak dimaksudkan sebagai pengganti untuk menjaga backup Anda sendiri. Pengambilan data backup hanya bisa dilakukan jika status hosting dalam keadaan aktif, apabila layanan hosting dalam keadaan ditangguhkan (suspend) maka hosting harus diaktifkan terlebih dahulu dan anda dapat dikenakan biaya terkait hal kondisi akun hosting ditangguhkan untuk meminta backup data hosting anda.

Tagihan (Invoice)

  1. Faktur tagihan (invoice) akan dibatalkan setelah 4 hari, sedangkan faktur tagihan (invoice) terkait “Renewal” akan dibatalkan setelah 4 hari.
  2. Apabila Pelanggan ingin memutakhirkan data terkait kontak informasi yang akan tertera di tagihan (invoice), maka Pelanggan wajib melakukan proses perubahan tersebut secara mandiri melalui akun layanan pelanggan yang disediakan oleh Masternet.
  3. Pelanggan yang baik sengaja atau tidak sengaja menunda pembayaran dan tidak dapat kami penuhi permintaannya, resiko atas layanan dimaksud sepenuhnya menjadi tanggungjawab pelanggan itu sendiri.
  4. Masternet tidak menyediakan layanan eksekusi request dahulu bayar belakangan!
  5. Masternet berpegang pada catatan log pengiriman email invoice, selama log telah mencatat status sent maka dapat dinyatakan pengiriman informasi berhasil/sukses, dan hal-hal terkait dengan dalih pelanggan tidak menerima informasi invoice dan sejenisnya bukan menjadi ranah tanggungjawab kami dan tidak dapat mengalihkan tanggungjawab pelanggan kepada kami atau pihak manapun.

Pembayaran

  1. Pelanggan diwajibkan untuk membayarkan tagihan sesuai dengan nilai yang tertera di tagihan (invoice) (tidak boleh kurang atau lebih) dalam waktu tidak lebih dari 7 hari setelah tagihan tersebut terbit.
  2. Pembayaran layanan yang sudah dibayarkan sifatnya mutlak dan tidak dapat dikembalikan melalui metode pembayaran apapun!
  3. Pembayaran untuk layanan selain hosting bersifat satu arah / tidak dapat diminta refund.
  4. Kesalahan atas jumlah pembayaran dan atau tujuan pembayaran dapat menyebabkan tagihan layanan anda tidak dapat dipenuhi untuk diproses dan layanan anda akan mendapatkan resiko atas ketidakjelasan pembayaran yang anda lakukan.
  5. Hal-hal terkait pembayaran juga berlaku pada poin-point penjelasan definisi Tagihan (invoice) diatas.

Prosedur Pembatalan

  1. Permintaan pembatalan harus disampaikan melalui ticket support.
  2. Memilih pembatalan dengan segera berarti layanan Anda akan dihentikan maksimal di hari yang sama setelah anda mengajukan via ticket.
  3. Bentuk formulir pembatalan yang lain tidak kami terima selain permintaan mandiri oleh pelanggan melalui ticket support – Billing.
  4. Pembatalan harus disampaikan sebelum Invoice untuk periode billing tersebut jatuh tempo. Gagalnya melakukan pembatalan menyebabkan Invoice tetap jatuh tempo dan layanan dimaksud tetap akan ditagihkan dan anda wajib melakukan pembayaran.

Pengembalian Dana (Refund)

  1. Kami berharap dapat memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh Pelanggan kami, tetapi apabila Anda mendapatkan kendala dan tidak puas dengan layanan yang kami berikan serta telah menghubungi Masternet untuk mencari solusi atas masalah yang Anda hadapi, maka Anda berhak untuk mengajukan pengembalian dana (refund) dalam waktu 7 hari terhitung sejak layanan diregistrasikan. Pelanggan hanya dapat melakukan satu kali klaim garansi pengembalian dana (refund) untuk satu layanan dalam satu akun Masternet.

Pengembalian dana (refund) hanya tersedia untuk:

  1. Registrasi (pembelian baru) layanan Web Hosting reguler untuk semua paket, pembelian hosting promo tidak berlaku refund.

Pengembalian dana (refund) tidak tersedia untuk:

  1. Pelanggaran Terms of Service and Acceptable Use Policies (Syarat dan Kebijakan).
  2. Layanan Hosting dengan proses perpanjang, upgrade, dan downgrade.
  3. Layanan Email Hosting dengan proses perpanjang, upgrade, dan downgrade.
  4. Pendaftaran (registrasi) domain jenis apapun.
  5. Perpanjang Domain, Transfer in dan transfer out.
  6. Masuk dalam daftar TrustPositif+ Kominfo.
  7. Layanan Sertifikat SSL berbayar dalam kondisi apapun.
  8. Kesalahan penulisan nomor Invoice saat melakukan pembayaran maupun konfirmasi pembayaran.
  9. Kesalahan penulisan nominal pembayaran saat melakukan pembayaran maupun konfirmasi pembayaran.
  10. Metode pengembalian dana (refund) hanya dapat dilakukan dengan cara pengembalian melalui rekening bank pelanggan yang beroperasi di Indonesia dengan nominal minimum Rp.10.000.

Catatan:

  1. Kami melakukan proses pengembalian dana (refund) setiap hari Minggu.
  2. Apabila pengajuan refund pada layanan Web Hosting, Email Hosting mendapatkan gratis Domain dan atau gratis Sertifikat SSL berbayar maka pengembalian dana (refund) akan dipotong dengan biaya pendaftaran Domain dan atau Sertifikat SSL sesuai harga jual normal (bukan harga promo).

Force Majeure

  1. Force majeure merupakan keadaan yang terjadi di luar kekuasaan dan kemampuan Masternet seperti bencana alam, kebakaran, kebanjiran, sabotase, kerusuhan, power down data center dan sebagainya. Apabila terjadi force majeure, Masternet akan menjelaskan kronologi kejadian melalui email yang terdaftar di Masternet dan Pelanggan akan membebaskan Masternet dari segala tuntutan.

Penangguhan dan Pemberhentian

Anda setuju untuk mematuhi Terms of Service and Acceptable Use Policies (Syarat dan Kebijakan) ini. Segala bentuk pelanggaran, baik Terms of Service and Acceptable Use Policies (Syarat dan Kebijakan) maupun aturan lain: peraturan dan kebijakan di atas, dapat menjadi alasan Masternet menangguhkan atau menghentikan akun Anda. Anda menyetujui Masternet memiliki hak, dengan atau tanpa pemberitahuan, menangguhkan atau menghentikan akun Anda setelah kejadian pertama atau berikutnya dari salah satu hal berikut:

  1. Menggunakan layanan dengan cara, yang merupakan pelanggaran peraturan yang berlaku, hukum, perintah pengadilan, tarif, peraturan, atau perjanjian (termasuk, namun tidak terbatas pada, kekayaan intelektual, komunikasi, privasi, pidana, dan hukum internasional).
  2. Domain dan hosting atau layanan situs yang dikhususkan untuk pornografi tidak diperkenankan baik dibuat dari pemilik akun hosting dan atau pihak yang ia percaya untuk mengerjakannya dan atau jika website anda mengalami kondisi perubahan data dari non pornografi ke konten pornografi tanpa sengaja dalam bentuk apapun. Konten khusus dewasa yang legal diperbolehkan selama itu tidak melanggar norma kesusilaan dan aturan hukum positif di Indonesia, namun tidak dapat dijadikan fokus utama dari situs web Anda.
  3. Domain dan hosting atau layanan situs yang dikhususkan untuk perjudian (judi online, togel, prediksi judi, dan lainnya).
  4. Domain dan hosting atau layanan situs yang mengandung konten terkait obat-obatan terlarang termasuk narkoba, obat yang membutuhkan izin khusus dari BPOM dan Departemen Kesehatan.
  5. Menggunakan layanan dengan cara yang dimaksudkan untuk menyalahgunakan atau melanggar privasi atau hak milik orang lain, termasuk namun tidak terbatas pada, mengirim bulk e-mail yang tidak diminta (spamming).
  6. Menggunakan hosting Anda sebagai file atau layanan hosting image.
  7. Menggunakan layanan dalam usaha untuk menembus keamanan, atau untuk membobol security jaringan komputer mana pun (termasuk layanan itu sendiri), atau untuk mengakses akun, pesan, atau file yang bukan milik Anda.
  8. Menggunakan akun Anda sebagai layanan backup. Semua file harus merupakan bagian dari situs web Anda dan harus terhubung ke dan dari akun Anda.
  9. Menggunakan layanan sedemikian rupa untuk memalsukan atau merepresentasikan ulang header, alamat, atau identitas lain pada e-mail atau situs web, atau menggunakan cara lain untuk menyamarkan identitas atau lokasi pengirim. Hal ini termasuk aplikasi hosting server proxy.
  10. Meng-upload, me-link, atau menyimpan warez, file exploit, crack, atau software bajakan lain.
  11. Membantu secara langsung atau tidak langsung dalam menyebarluaskan materi yang memiliki hak cipta.
  12. Berlebihan dalam menggunakan layanan sedemikian rupa sehingga membatasi bandwidth yang tersedia untuk orang lain.
  13. Memberikan rincian kontak palsu atau tidak lengkap, termasuk nama, alamat pos, dan nomor telepon.
  14. Menggunakan layanan untuk menjalankan program server, termasuk namun tidak terbatas pada, server mail, server IRC, server game, server FTP, server Web, atau server audio atau video streaming.
  15. Menggunakan layanan untuk relay tidak resmi melalui sistem pihak ketiga.
  16. Mencoba, dengan cara apapun, mengganggu atau menolak layanan kepada pengguna atau host di internet.
  17. Melakukan chargeback pada setiap transaksi yang sudah berlalu atau pada masa sekarang akan menyebabkan penundaan akun, sampai terselesaikan. Jika chargeback terjadi, kami berhak untuk menghapus akun Anda tanpa memperhatikan bisnis yang akan datang.
  18. Menggunakan layanan untuk pemboman mail, termasuk kasus di mana beberapa pesan dikirim ke satu tujuan dengan tujuan tertentu dengan tujuan membuat penerima dan/atau sistem elektronik yang melayani penerima tersebut mengalami gangguan.
  19. Menggunakan layanan untuk menambahkan atau usaha menambahkan alamat ke mailing list apa saja (milik Anda atau pihak ketiga) tanpa izin yang benar-benar jelas dari pemilik alamat tersebut.
  20. Mencoba membatalkan, menggantikan, atau mengganggu dengan email yang bukan milik Anda sendiri.
  21. Terlibat dalam pelecehan, baik melalui bahasa, frekuensi, atau ukuran pesan, baik dengan email maupun konten situs.
  22. Menggunakan layanan untuk melakukan serangan flooding, yang didefinisikan sebagai tindakan pembebanan berlebih terhadap sistem komputer penerima dengan mengirimkan sejumlah besar data palsu yang mengganggu atau menonaktifkan fungsi sistem penerima, atau dengan metode serangan penolakan layanan yang lain.
  23. Memberikan data palsu pada formulir pendaftaran Anda, kontrak, atau aplikasi online, termasuk memberikan kartu kredit curian atau informasi pembayaran lain.
  24. Tidak ada tagihan kredit yang diberikan dalam periode penangguhan. Dalam kasus penghentian penggunaan layanan Anda, Masternet dengan kebijakannya sendiri dapat mempertahankan setiap jumlah yang telah Anda bayarkan untuk penggunaan layanan sebagai penutup kerusakan tindakan Anda.
  25. Keamanan – Anda setuju untuk tidak mengakses atau mencoba mengakses area privasi layanan. Anda setuju untuk memberitahukan Masternet begitu Anda menyadari adanya penyalahgunaan akun Anda dan/atau pelanggaran atau percobaan pelanggaran pada keamanan layanan.
  26. Kekayaan Intelektual – Masternet tidak berkewajiban memeriksa atau melihat pesan, file, atau konten lain, yang dapat diakses melalui, melewati, atau berada dalam layanan. Pengaduan mengenai dugaan pelanggaran dapat dikirimkan melalui ticket support ke departemen Abuse di Masternet.
  27. Penangguhan akan diberlakukan bagi akun hosting yang menggunakan kapasitas disc hosting melebihi batasan yang ditetapkan pada akun tersebut. Masternet berhak tidak membuka suspend akun jika dalam masa berlangganan pelanggan dinilai dan terbukti telah gagal mengelola akun hosting dengan melakukan penggunaan disc melebihi limit hingga 2x atau lebih dan Masternet akan meminta anda untuk melakukan upgrade disc hosting untuk dapat mengembalikan dan membuka kembali suspend akun hosting dimaksud.

Perselisihan

  1. Anda menyetujui bahwa segala perselisihan antara Anda dan Masternet yang timbul karena penggunaan layanan oleh Anda dalam segala cara berdasarkan ikatan Anda sebagai Pelanggan, dan atau penggunaan layanan yang tidak dapat diselesaikan antara Anda dan Masternet, akan didaftarkan oleh pihak yang dirugikan untuk mengikat arbitrase di bawah naungan hukum Indonesia.

Hukum yang Berlaku

  1. Terms of Service and Acceptable Use Policies (Syarat dan Kebijakan) ini diatur dalam segala hal di bawah hukum dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Masternet dapat mengungkapkan informasi pengguna kepada lembaga penegak hukum atau pihak yang berwenang lainnya jika dibutuhkan oleh hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku tanpa persetujuan lebih lanjut atau pemberitahuan kepada Pelanggan. Kami bekerja sama dengan penegakan hukum bilamana perlu dan sejauh yang diwajibkan.

Perubahan

  1. Terms of Service and Acceptable Use Policies (Syarat dan Kebijakan) ini dapat diubah dalam hal apa saja dan kapan saja oleh Masternet. Penggunaan layanan yang Anda lakukan secara berkelanjutan dianggap setuju terhadap perubahan tersebut. Jika Anda tidak ingin melanjutkan menggunakan layanan kami karena perubahan tersebut, Anda dapat memberitahukan keinginan Anda untuk menghentikan penggunaan layanan Masternet.

 

Perihal Buletin Newsletter

Berikut kami sertakan panduan umum khusus untuk pelanggan Masternet (kami).

SUBSCRIBE

  1. Kami menggunakan data email pelanggan kami yang secara sah tercatat sebagai pelanggan Masternet untuk digunakan bagi kepentingan kami dalam penyelenggaraan informasi terkait layanan kami khusus untuk pelanggan kami.
  2. Setiap pengiriman buletin dari kami, selalu disertakan opsi untuk memperbaharui profil pengguna buletin, membaca dengan opsi online, serta opsi unsubscribe.
  3. Setiap pengiriman buletin dari kami, hanya berisi informasi yang terkait layanan Masternet secara umum, hingga pemberitahuan khusus untuk pelanggan kami terkait layanan yang mereka pergunakan.
  4. Masternet tidak pernah dan tidak akan pernah membagikan data akun alamat email buletin pelanggan kami kepada pihak manapun.
  5. Tidak ada kategori khusus terkait layanan buletin dari kami. Setiap informasi buletin umum berisikan informasi yang secara merata dikirimkan ke semua pelanggan kami tanpa kecuali untuk menjadi bagian dari tanggungjawab kami dalam memberitahukan informasi terkini terkait layanan kami.

UNSUBSCRIBE

  1. Pengguna buletin dapat melakukan unsubscribe secara mandiri melalui menu Unsubscribe yang selalu tersedia pada buletin yang dikirimkan oleh kami.
  2. Proses unsubscribe yang telah berhasil akan selalu mendapatkan notifikasi email ke alamat email pengguna buletin yang mana ia mengajukan proses unsubscribe tersebut.
  3. Pengguna proses unsubscribe dapat mengajukan kembali proses subscribe melalui opsi yang ditawarkan pada pesan unsubscribe.
  4. Dengan melakukan proses unsubscribe dan berhasil, secara sadar pelanggan Masternet menyadari ia tidak akan mendapatkan informasi buletin umum dan pemberitahuan buletin khusus kepadanya dan segala resiko akan ketidaktahuan atas informasi yang dapat berimplikasi pada layanan yang ia gunakan di Masternet sepenuhnya menjadi tanggungjawab pelanggan itu sendiri dan Masternet tidak dapat dimintai pertanggungjawaban atas ketidaktahuan dan kelalaian pelanggan dengan tidak mendapatkan informasi yang dapat berpengaruh pada layanan yang dipergunakannya di Masternet dikarenakan pelanggan telah melakukan proses Unsubscribe secara mandiri.
  5. Proses unsubscribe hanya dapat dilakukan secara mandiri oleh pelanggan yang menerima informasi buletin dari kami.

Terakhir diperbaharui Maret 2022.